Halaman Kami

Bidang-Bidang Kecerdasan Buatan

Posted on Selasa, 22 Februari 2011 by ai-a-erial.blogspot.com | 0 komentar

 

 
Tugas
Tanggal tugas
Tugas selesai
2
17 Februari 2011
22 Februari 2011

Nama
NPM
TUGAS
Eko Susanto
0915031035
Buat Blog, Posting Artikel
Robert Lie Nasbuck
0915031099
Posting Artikel
Imam Baldi Pratama
0915031089
Cari Artikel dan Editing
Achmad Taufik Prabowo
0915031077
Cari Artikel
Leonardo Simanulang
0715031053
Cari Artikel dan Editing



Bidang – Bidang dalam Artificial Intelligence

Kecerdasan Buatan ( Artificial Intelligence atau AI ) didefinisikan sebagai kecerdasan yang ditunjukkan oleh suatu entitas buatan. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa bidang kecerdasan buatan antara lain sebagai berikut :

1. Expert System

Expert System adalah system yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia kekomputer,agar
computer bisa menyelesaikan masalah seperti yang dilakukan para ahli. Sistem pakar merupakan
salah satu aplikasi dari Artificial Inteligence (AI) yang banyak dimanfaatkan dalam dunia bisnis.
Komponen Sistem pakar terbagi menjadi empat bagian, yaitu:

a. Knowledge base ( basis pengetahuan)

Knowledge Base merupakan inti dari program sistem pakar karena basis pengetahuan itu
merupakan presentasi pengetahuan atau knowledge representation basis pengetahuan adalah
sebuah basis data yang menyimpan aturan-aturan tentang suatu domain knowledge/pengetahuan
tertentu. Basis pengetahuan ini terdiri dari kumpulan objek beserta aturan dan atributnya (sifat
atau cirinya). Contoh : If hewan merupakan sayap dan bertelur then hewan jenis burung.

b. Working Memory (basis data atau memori kerja)

Working memory adalah bagian yang mengandung semua fakta-fakta baik fakta awal pada saat
sistem beroperasi maupun fakta-fakta pada saat pengambilan kesimpulan sedang dilaksanakan
selama sistem pakar beroperasi basis data berada di adalam memori kerja.

c. Inference Engine (mesin inferensia)

Inference Engine adalah bagian yang menyediakan mekanisme fungsi berfikir dan pola-pola
penalaran sistem yang digunakan oleh seorang pakar.

d. User interface

Antarmuka pemakai adalah bagian penghubung antara program sistem pakar dengan pemakai.
Pada bagian memungkinkan pengguna untuk memasukkan instruksi dan informasi ke dalam
sistem pakar serta menerima penjelasan dan kesimpulan.






Contoh apikasi dalam kehidupan sehari-hari:

Implementasi sistem pakar dalam bidang farmakologi dan terapi sebagai pendukung
pengambilan keputusan berbasis web



2. Logica Fuzzy

Logika fuzzy adalah Fuzzy Logic adalah metodologi pemecahan masalah dengan beribu - ribu aplikasi dalam pengendali yang tersimpan dan pemrosesan informasi. Fuzzy logic menyediakan cara sederhana untuk menggambarkan kesimpulan pasti dari informasi yang ambigu, samar - samar, atau tidak tepat. Sedikit banyak, fuzzy logic menyerupai pembuatan keputusan pada manusia dengan kemampuannya untuk bekerja dari data yang ditafsirkan dan mencari solusi yang tepat.

Mekanisme FIS (fuzzy Inference System):





Contoh implementasi dalam kehidupan sehari – hari :

Robot ASIMO menggunakan sensor dan algoritma kecerdasan buatan untuk menuruni tangga dan menghindari rintangan
Walaupun AI memiliki konotasi fiksi ilmiah yang kuat, AI membentuk cabang yang sangat penting pada ilmu komputer, berhubungan dengan perilaku, pembelajaran dan adaptasi yang cerdas dalam sebuah mesin. Penelitian dalam AI menyangkut pembuatan mesin untuk mengotomatisasikan tugas-tugas yang membutuhkan perilaku cerdas. Termasuk contohnya adalah pengendalian, perencanaan dan penjadwalan, kemampuan untuk menjawab diagnosa dan pertanyaan pelanggan, serta pengenalan tulisan tangan, suara dan wajah. Hal-hal seperti itu telah menjadi disiplin ilmu tersendiri, yang memusatkan perhatian pada penyediaan solusi masalah kehidupan yang nyata. Sistem AI sekarang ini sering digunakan dalam bidang ekonomi, obat-obatan, teknik dan militer, seperti yang telah dibangun dalam beberapa aplikasi perangkat lunak komputer rumah dan video game.

http://ai-b-rybut.blogspot.com/2010/02/bidang-bidang-yang-termasuk-kecerdasan.html 

0 komentar:

Posting Komentar